Wajah Lain Baluran


Baluran dikenal dengan Banteng-nya, Savana-nya, Bekol-Bama-nya atau Swiss-nya [kalo yang terakhir ini sumpah bukan saya yang nulis :D]. Sudah tiga tahun lebih saya ngumpulin foto-foto burung, cerita indah Baluran itu. Tapi sepertinya Baluran gak cuma burung-nya saja. Cerita indah burung-burung Baluran sudah saya abadikan di kedua buku saya. Sudah waktunya saya turun ke bawah, menyusup ke celah-celah bayangan nama besar Baluran. Luru upo, ngopeni barang cilik-cilik yang sering terlewatkan.

Wajah Lain Baluran adalah kegelisahan saya yang saya mpet sejak lama. Seringkali menemukan fenomena-fenomena sederhana di dunia bawah sana tapi gak punya kemampuan mengabadikannya. Dan sekarang kegelisahan itu terjawab sudah. Terima kasih buat istriku yang sudah memfasilitasi saya menguak dunia yang sama sekali baru bagi saya.

Ada yang bilang, “Photography is painting with light.” Di alam tidak sesuatu yang jelek atau bagus, semua hanya masalah bagaimana sampeyan menyeting shutter speed dan bukaan diafragma lalu memilih angle terbaik supaya semua unsur di alam bisa dimanfaatkan – salah satunya cahaya.

Selamat menjelajahi Wajah Lain Baluran

3 thoughts on “Wajah Lain Baluran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s