BBB Behind the Scene Eng Ing Enggg…


Ok, jadi ini adalah postingan pertama untuk edisi khusus Birds of Baluran Behind the Scene. Kenapa saya bikin edisi ini? Karena buat menjaga jalur ide saya untuk tetap bikin postingan. Gara-gara metenteng menyelesaikan buku burung Baluran (BBB) versi inggris saya sampe gak sempat nulis. Jangankan nulis, keluar ide nulis aja gak. Jadi ini jelas gak equilibrium. Equilibrium? Kayak pernah dengar…

BBB adalah singkatan dari Buku Burung Baluran atau dibalik juga bisa Birds of Baluran Book. Asik to? Bahasa Inggris atao Indonesia semuanya disingkat BBB. Ncen keramat tenan og singkatan kuwi😀.

Genap dua tahun proyek abal-abal bikin buku ini kami kerjakan. Rencana awalnya sih translet saja dari buku BBB pertama karena banyak yang menanyakan tentang edisi inggris dari buku ini. Setidaknya saya menerima request edisi bahasa inggris dari tidak kurang dari 5.630 orang dari seluruh dunia (itu orang semua bang?). Lebih dari separuh jumlah itu adalah peneliti dengan titel doctor dan professor. Disusul di belakangnya kelompok pelajar, eksekutif muda, adventurer, ibu rumah tangga, dan lain-lain dan sebagainya.

Tapi rencana translet itu akhirnya gagal total karena yang terjadi adalah menulis lagi. Menulis manuskrip lagi meskipun beberapa juga di-copas dari teks lama. Selesai menulis ulang dalam bahasa Indonesia lalu diteruskan dengan translet ke bahasa Inggris. Bagaimanapun juga saya adalah orang Indonesia berdarah Jawa (Timur). Menulis text bahasa Inggris langsung jelas gak mungkin, jadi harus bahasa Indonesia dulu baru ditranslet. Selesai itu kambuhlah penyakit post writing sindrome. Saya jadi jijik lihat burung. Berbulan-bulan moh ngamati burung apalagi motret.

Ok, jadi untuk sementara itu dulu laporan dari saya. Selanjutnya tulisan-tulisan yang nyrempet masalah BBB akan saya masukkan dalam kotak baru Birds of Baluran Behind the Scene. Eng ing engggg…

One thought on “BBB Behind the Scene Eng Ing Enggg…

  1. BBB in english sptnya lebih cocok book of baluran birds deh, coba di paste di google..
    **o iya ya? kan kita pengikut setia google translate? hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s