FOBI for 10.000

fobi

Tiba-tiba dapat sms dari Imam, “wah, kunjungan ke fobi menembus 10rb.. selamat2!”

Wow! Langsung saya crosscheck sms salah satu editor buku saya itu. Dan benar, malah saya telat menyaksikan angka bulat 10.000 karena sudah kelebihan 35! 10.000 kunjungan bo’. Bukan angka kecil untuk situs baru yang belum genap berumur setahun setengah sejak dia mengudara di dunia maya. Dan ini “kunjungan” lo brur, bukan “views” atau “hits”.

Setelah ngecek fobi, langsung saya ngecek blog-nya Imam. Ternyata dia belum nulis tentang berita bagus ini. Daripada keduluan dia, segera saya bikin coret-coretannya di blog ini. Saya harus jadi yang pertama yang menulis kebar baik ini.

Saya masih teringat dulu di Semarang, dimana ide bikin database foto biodiversitas ini berawal. Di situ ada saya, pak Bas, Imam, Ige dan beberapa simpatisannya pak Bas. Saya lupa namanya. Kita diskusi gimana membuat sistem databasenya. Metode pengelompokannya. Siapa bertugas apa, dan lain sebagainya. Bergelas-gelas kopi dan berbatang-batang rokok menemani diskusi kita di ruang laboratorium yang juga dijadikan markas pak Bas dan simpatisannya itu. Lalu perlahan tapi pasti, mulailah pengerjaan proyek kecil-kecilan itu. Atas dukungan Universitas Diponegoro dan mediasi Pak Bas, mengudaralah situs bernama Fobi ke dunia maya untuk yang bertama kalinya.

Kenapa pake web.id? “Biar lebih Indonesia.” saya ingat betul Pak Bas dengan ucapannya itu.

Saya bangga nama yang dipake adalah Fobi karena itu usulan dari saya😀, tapi saya malu sebagai alumnus UGM. Kampus besar dengan nama melegenda itu tidak ambil bagian dalam proyek ini. Mungkin karena serba gratis kali ya?

Tanpa terasa, usia situs database foto biodiversitas yang, mungkin, pertama di Indonesia itu sudah hampir dua tahun. Selama itu pula, situs murni non-profit ini sudah menjadi juglangan besar untuk menampung 8000 foto lebih, yang terdiri dari 1300 jenis flora fauna! Dikelompokkan lagi menjadi 21 kelas yang terdiri dari Pteridophyta, Gymnospermae, Angiospermae, Anthozoa, Porifera, Annelida, Platyhelminthes, Mollusca, Echinodermata, Ascidiacea, Crustacea, Arachnida, Insecta, Odonata, Lepidoptera, Chondrychtyes, Osteichthyes, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.

Kalau saya ambil satu contoh kelas Lepidoptera misalnya, kalo dipecah lagi disana ada 31 family dan sub-family antara lain Papilionidae Papilioninae, Pieridae Coliadinae, Pieridae Pierinae, Nymphalidae Apaturinae, Nymphalidae Charaxinae, Nymphalidae Biblidinae, Nymphalidae Cyrestinae, Nymphalidae Danainae, Nymphalidae Heliconiinae, Nymphalidae Limenitidinae, Nymphalidae Morphinae, Nymphalidae Nymphalinae, Nymphalidae Satyrinae, Lycaenidae, Riodinidae, Callidulidae, Arctiidae, Choreutidae, Crambidae, Eupterotidae, Geometridae, Hesperiidae, Lasiocampidae, Lymantriidae, Noctuidae, Nolidae, Notodontidae, Pyralidae, Saturnidae, Sphingidae, Uraniidae.

Silahkan dibayangkan untuk kelas dan family lainnya.

Kredit terbesar tentunya kita berikan buat Pak Bas. Orang gila dengan segala dedikasi dan militansinya. Orang cerdas dengan segala pengetahuan dan kecermelangan idenya. Kalo umpama saya menteri saja…

Tidak lupa, penghargaan besar juga kita sandingkan untuk semua pihak yang mendukung situs ini. Founder, member, kontributor, sponsor dan tentunya publik sebagai user yang mengambil peran penting membuat angka 10.035 di daftar kunjungan Fobi!

Congratulation for us!

5 thoughts on “FOBI for 10.000

  1. uwis 11.000 Lik, nambah 1.000 visitor kurang dari sebulan ini..

    sebenere, sing luwih penting dari sebuah karya adalah manfaatnya.. manfaat positif bagi masyarakat.. lebih baik sedikit audiens namun ada artinya, daripada sejuta audiens namun kosong tanpa makna..

    meski tentu lebih baik juga jika banyak audiens, dan banyak juga manfaat untuk mereka..

    ayo terus makaryo Lik..

Leave a Reply

