Your Family, Any Else be Worth?

featur-3DAYS

Kesan pertama setelah saya tutup movie player sesaat menyelesaikan film ini adalah: sudah lama nggak nonton film cerdas seperti ini!

Kisah perjuangan seorang kepala rumah tangga demi menyelamatkan keluarganya. Sama sekali tidak menyajikan adegan heroik ala James Bond atau Jason Bourne dengan segala skill spionase yang mengagumkan. Dan, memang di sinilah sisi menarik film yang dibintangi Russel Crowe (John Brennan) ini: menjadi orang luar biasa demi keluarga yang dicintai.

Lara Brennan yang diperankan oleh Elizabeth Banks adalah wanita dengan harga diri tinggi dan watak yang keras, tiba-tiba digrebek oleh banyak polisi atas tuduhan pembunuhan bos wanitanya. Tidak ada yang bisa menyelamatkannya karena semua barang bukti mengarah kepadanya, termasuk sidik jari pada forest fire extinguisher yang digunakan untuk menghabisi korbannya dan darah di mantelnya. Alibi dari insting detektif dari alat bukti dan olah TKP pun tidak terbantahkan untuk mengurungnya dalam penjara.

Tidak terima dengan kasus ini, sang suami mulai mencari-cari cara untuk mengeluarkan mengeluarkan istrinya dari penjara. Dia adalah seorang dosen ilmu sosial. Dimulai dari belajar escaping dari penjara. Jangankan keluar dari penjara, membuka satu kunci pintu penjara saja dia patahkan kunci bandrek buatannya sendiri. Opsi pertama coret.

Tapi  dasar dosen, sudah pasti IQnya tinggi dan IPK jaman dia kuliah juga bagus. Dia mengamati bahwa semua aktifitas penjara adalah konstan: kunci utama. Dari sinilah kenekatannya menculik istrinya dari penjara dimulai. Di sela-sela kesibukannya mengajar dan mengasuh anak tunggalnya, dia terus mengamati dan merancang adegan pelarian.

Sebuah film drama action yang mengharukan dan mendebarkan. Saya bisa merasakan betapa keluarga bisa membuat orang menjadi kuat dan frustasi. Tubuh John yang tambun benar-benar menunjukkan betapa dia adalah orang biasa layaknya ayah yang normal, tapi matanya mengisyaratkan proses berpikir yang tiada henti. Bahkan seluruh polisi Pittsburgh dibuatnya ngos-ngosan dan kapusan habis-habisan saat mencoba menghentikan dia melarikan diri ke luar negeri. Yah, keluarga kecil itu melarikan diri setelah melalui drama kejar-kejaran ke Caracas, Venezuela. Padahal polisi sudah menutup akses penerbangan ke Haiti. Drama kejar-kejaran yang menjadi ajang adu cerdik insting pengalaman polisi dengan insting suami yang ingin menyelamatkan keluarganya.

Di akhir cerita, semua menjadi indah. Tidak ada antagonis di film ini. Seorang detektif yang sempat tertarik oleh tingkah laku John saat mencoba menyelidiki penjara istrinya melakukan olah TKP dengan ditemani seorang rekannya. Dia mencoba menerka-nerka apa yang terjadi 3 tahun lalu saat pembunuhan itu terjadi. Bukan Lara pembunuhnya! Tapi seseorang yang tidak dikenal dan tidak pernah dikenal. Seperti ketika anda berpapasan dengan banyak wajah di stasiun kereta api yang padat, anda tidak akan bisa mengingat wajah orang-orang itu.

** matur tengkyu buat www.torrentz.eu untuk semua pilem-pilem gratisnya

2 thoughts on “Your Family, Any Else be Worth?

  1. apik iki. ngerti serial “Prison Break” ga cak? mirip tha?
    **yo seje no cak! lek iku lak wes dadi tahanan sing ucul. iki diuculno…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s