Recovery Files: Mesin Waktu yang Sangat Berharga


Lagi-lagi, saya harus bertanya kepada diri saya sendiri: hal apakah yang paling berarti dalam hidup?

Pasti akan ada banyak jawaban: ilmu, pengalaman, keluarga, temen-temen, pekerjaan, NIP, kamera, dan masih banyak lagi. Tapi ketika semua kekayaan-kekayaan itu saya kumpulkan, lalu saya petani satu persatu, saya urai dalam berbagai macam perpektif, epistemologi, metode dan teknis analisa maka apapun itu yang berharga dalam hidup akan meng-ekstrasi dalam satu kata: waktu!

Dan dari turunan-turunan waktu yang paling berharga itu adalah “right man on the right time and right place”!

Saya gak bisa membayangkan kalo seandainya dulu saya nggak ketemu dengan sekelompok Serindit Jawa pada suatu pagi di musim penghujan bulan Januari di Baluran. Mungkin sampai detik ini saya gak akan pernah ketemu dan ambil beberapa fotonya. Atau bagaimana kalo tanggal 1 Juli tahun lalu saya gak jadi berangkat ke kawah Gunung Baluran untuk berburu foto selama seminggu, mungkin sampai detik ini saya gak akan tahu, apalagi punya koleksi foto-foto Luntur Harimau atau Cekakak Batu yang entah apakah saya bisa bertemu lagi dengan mereka nanti. Atau Elang Jawa yang dulu masih di-konon-kan, ternyata memang bener-bener ada.

Berawal dari keingin untuk memperbaiki komputer PEH yang emang udah rewel sejak beberapa bulan lalu karena kebutuhan membuat buku burung Baluran versi Inggris yang menuntut komputer yang sehat. Dengan kondisi capek dan agak ngantuk, instal saja windows baru. Dan karena kurang teliti pada satu step, saya tidak sadar kalo request windows setup meminta salah satu drive yang harus diformat sebelum di-instal. Karena kurang teliti, tekan aja “F” untuk melanjutkan proses formating drive yang dipilih. Dan…ahhh…kok ya yang saya pilih itu drive “D” dimana semua data-data PEH sejak dua tahun lalu, termasuk foto-foto selama 20 bulan saya kumpulkan dari seluruh wilayah Baluran!

Dan terjadilah apa yang baru juga kemarin diperingatkan oleh Pak Don Hasman, seorang fotografer dan penulis yang sangat berpengalaman, kepada saya “Backup itu semua foto-foto kau! minimal 2 tempat! kalau sampai foto-foto kau hilang, nangis juga tiada guna!”

Ya Allah, apakah sangaja Kau pertemukan aku dengan beliau untuk memperingatkan saya, bahwa hari ini semua itu sudah Kau rencanakan dan tidak mungkin Kau batalkan!

Hanya karena saya tidak mau bersabar dengan waktu untuk sekedar membaca satu baris pesan pada monitor “which drive you want to format?” Karena ingin mempercepat waktu, justru akirnya aku harus mundur lagi jauh ke belakang. Bahkan mungkin harus memulai dari awal, di titik waktu nol.

ahh.. sudahlah. Ikhlas saja. Yakin saja semua pasti ada rencana-rencana yang dipersiapkan oleh Allah. Dan, percaya (untuk yang kesekian kalinya) kepada mesin untuk merecovery dirinya lagi, mengembalikan moment-moment berharga yang hilang: Serindit Jawa di musim penghujan Baluran, Luntur Harimau dan Cekakak Batu di kawah Gunung Baluran, Elang Jawa, atau semua moment-moment berharga kawan PEH tiga tahun yang lalu. Kalau seandainya berhasil, maka tidak ada pilihan lain kecuali percaya bahwa waktu sebenarnya bisa diulang kembali, meskipun teknologi manusia hanya bisa sebatas dalam sistem mekanisme fisika mesin yang bernama komputer!

5 thoughts on “Recovery Files: Mesin Waktu yang Sangat Berharga

  1. hugs!!
    stuff happen. emang bikin perih sih klo ingat yg itu.. ye ilah cuma gara2 pengen cepet, hilang deh smua tuh data. tp gak mungkin diratapi kan? hayo blusak blusuk ning alas maning… mungkin malah akan nemu rahasia alam yang jauh lebih besar? most probably!
    **WOIIIIII… LITTLE SISTER!! LAMA GAK NONGOL! IYA, PINGINNYA CEPET2 MALAH ANCURR GAK KARUAN! TAPI UNTUNG MASIH BISA DI-RECOVERY MESKIPUN BANYAK JUGA YANG ILANG HIKZZ…😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s