Endangered..Merak Hijau !!!


Pada tahun 2009, berdasarkan evaluasi dari Birdlife International dan Red List Authority-IUCN untuk burung menaikkan status Merak Hijau (Pavo muticus) dari vulnerable (VU) menjadi endangered (EN). Hal ini didasarkan pada fakta bahwa Merak Hijau mengalami penurunan populasi yang sangat cepat dan fragmentasi habitat yang sangat parah, dimana penyebab utamanya adalah konversi habitat dan perburuan dalam jumlah besar. Tren seperti ini diproyeksikan akan terus berlanjut. (Birdlife Internasional, 2009)

Dari beberapa kawasan konservasi di dunia, di Indonesia diwakili Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Ujung Kulon. Mungkin juga termasuk Alas Purwo dan Meru Betiri. Di TN Baluran sendiri, Merak Hijau relatif masih mudah dijumpai dalam kelompok-kelompok, tiap kelompok biasanya terdiri dari 3-5 betina. Burung jantan cenderung hidup soliter kecuali ketika memasuki musim kawin.

Meskipun perburuan Merak Hijau di TN Baluran hampir tidak ditemukan dalam satu tahun terakhir, namun tekanan habitat masih cukup tinggi mengingat ketergantungan masyarakat sekitar kawasan juga cukup tinggi. Dan yang perlu diperhatikan pula, pada musim-musim berbiak, ketika betina sudah mulai bertelur dan mengerami, intensitas pengambilan telur burung ini cukupĀ  tinggi. Telur Merak Hijau diletakkan pada tumpukan daun dan ranting di atas tanah.

Silahkan lihat juga www.birdlife.org

2 thoughts on “Endangered..Merak Hijau !!!

  1. Telur yang diambil untuk dikonsumsi? Atau untuk ditetaskan dan dijual? Berapa harga pasar gelap?
    **KEBANYAKAN LANGSUNG DIJUAL PAK, KALO GAK SALAH PER Kg SEKITAR Rp 3000,-. END USER-NYA SIAPA DAN DIPAKE BUAT APA SAYA KURANG TAHU.

    • Weh weh, Rp 3000 sekilo???? Lak luwih murah daripada endog ayam… weleh weleh….
      **la wong karang yo mung modal dengkul pak hehehe…tapi mudah2an saya yang salah, semoga saja lebih mahal lho..lha…hahahaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s