Seperti Istri Pulang Dari Malaysia


burung madu sriganti

Bagaimana perasaan anda ketika tiap hari dapur anda selalu dapat kiriman aroma masakan dari dapur tetangga. Sayur daun ketela dan ikan gereh bakar. Mungkin itu bukan sayur kesukaan anda tapi aroma yang pekat tidak mungkin tidak membuat orang langsung lapar. Dan sialnya, anda tidak bisa memasak sendiri, istri anda juga sedang jadi PRT di Malaysia dan baru pulang hanya jika menjelang lebaran. Mau beli di warung, mungkin dari seribu warung di kota anda hanya satu-dua saja yang kebetulan punya menu yang sama dengan tetangga anda.

Hal itulah yang saya rasakan dengan burung yang satu ini. Burung madu sriganti (Cinnyris jugularis ). Burung yang sangat umum dijumpai mulai dari pekarangan rumah sampai hutan rimba raya. Asal di halaman rumah anda minimal berdiri pohon talok, dijamin setiap hari anda akan melihatnya. Tapi begitu monokuler saya pasang, saya bidik, pas saat itu pula dia sudah pindah posisi. Saya bidik lagi, dia pindah lagi dan begitu seterusnya.

Tidak jauh dengan cinenen, burung madu ini termasuk jenis burung high mobile, atau iyik kalau orang Jogja bilang. Kesempatan anda untuk bisa mengambil fotonya mungkin tidak lebih dari 3 detik. Semoga semua digiscoper di seluruh dunia diberkahi kesabaran extra oleh Tuhan. Karena dengan kesabaran wahyu dari Tuhan akan turun.

burung madu sriganti2

Dan wahyu itu bernama ”bunga”. Namanya juga burung madu pastilah dia suka ngisep nektar bunga, geblek banget…hehe…. Jadi jangan sekali-kali mengejar burung ini kalau pingin dapat fotonya, tapi tunggu dia di tempat dimana dia pasti mampir ngombe, karena ”urip mung mampir ngombe”, maksudnya burungpun juga butuh ngombe (minum).

Kebetulan ada bunga bogem (Bruguera sp) yang tampak merona. Aku pasang aja monokulerku pas mengarah bunga tersebut. Walaupun harus menunggu berjam-jam aku yakin dia pasti akan hinggap di bunga itu.

Dan benar! Pada akhirnya lebaran pasti datang. Istri tercinta juga akan datang dari tanah rantau. Maka permintaan pertamaku jelas bukan sayur daun ketela dan ikan gereh bakar tapi sesuatu yang lebih gurih dari semua jenis masakan di dunia ini: senyum kangen istri tercinta.

Happy birding

Never ending digiscoping

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s