Akhirnya Datang Juga


cica koreng Jawa

Akhirnya Datang Juga!…..Itulah kalimat pertama yang aku ucapkan dalam hati ketika akhirnya ketemu sama burung satu ini, Cica Koreng Jawa (Megalurus palustris). Hampir sama dengan bentet kelabu, tiap kali hunting burung ini pasti nongol. Dan satu-dua frame pasti ada saja foto burung ini. Cuman bedanya dengan bentet kelabu, tidak ada satupun foto yang bisa membuat aku tersenyum. Alias remuk kabeh.

Sebenarnya burung ini juga mudah difoto meskipun dia agak sensitif dengan orang yang tidak dia kenal. Dia suka berkicau, ukuran tubuh sedang, dan suka bertengger di ujung-ujung pohon atau semak. Tapi lagi-lagi masalah keterbatasan teknik digiscoping yang selalu bermasalah dengan background obyek.

Hampir semua foto yang aku dapatkan selalu siluet, ditambah lagi deflaction. Karena burung ini hampir selalu bisa difoto jika dia sudah betengger di ujung pohon yang artinya memaksa saya untuk mengambil gambarnya dengan latar belakang langit. Mungkin kalau ngambil fotonya pas pagi-pagi banget bisa agak mending hasilnya. Tapi kalau ngambilnya pas sudah beranjak siang, belum lagi kalau mendung. Selesai sudah…

cica koreng Jawa 2

Baru setelah aku pergi ke Malang, ke Tahura R.Soeryo, aku dapat foto dia. Berangkat dari rumah habis shubuh, sampai tahura pas jam 6-an, matahari belum muncul penuh karena lokasi tahura ini di sebelah barat daya gunung Welirang yang pasti menutupi cahaya matahari pagi sampai jam 7-an. Begitu jam 7, cahaya matahari langsung menyerbu, dia muncul…ck..ck..terrrrrr…..Akhirnya Datang Juga.

Segera aku pasang mono, bidik, jepret…jepret lagi….jepret lagi….lagi….lagi….modar kowe le…..dalam hatiku. Nggak terasa hampir 50 frame aku habiskan buat motret burung sialan ini. Padahal memory card-ku Cuma 256. Gak peduli asal bisa dapet this f******* bird.

 

Happy birding

Never ending digiscoping

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s